Kanker Serviks Mengancam Kehidupan Perempuan

Bagian bawah uterus perempuan disebut dengan serviks. Serviks ini mempunyai jalur terbuka yang disebut dengan serviksal canal. Selama periode menstruasi banyak darah yang mengalir dari uterus melalui kanal tersebut menuju vagina. Produksi mucus dilakukan untuk membantu sperma bergerak dari vagina ke uterus. Serviks tetap tertutup rapat. Untuk membantu membahas kanker serviks maka kita perlu membahas secara tepat fungsi dan lokasi dari serviks.

Kanker serviks terjadi karena ada sel abnormal pada saluran serviks. Biasanya sel akan tumbuh ketika mereka membelah, sel lama mati, dan sel baru menggantikan yang lama. Ketika proses pembelahan normal terjadi kesalahan, maka banyak jaringan yang disebut tumor akan tumbuh. Tumor jinak biasanya tidak mengancam dan dapat dibuang secara permanen.

Mereka biasanya berada dalam satu lokasi dan tidak menyebar kepada bagian tubuh lain. Namun demikian beberapa tumor menjadi ganas. Tumor ini menimbulkan bahaya lebih serius ketika mereka mempunyai kemungkinan menyebar dan tumbuh pada tingkat serius jika tidak diketahui lebih awal.

Mereka mengancam kehidupan dan biasanya dapat dibuang dengan baik. Namun demikian kadang-kadang mereka tumbuh lagi. Tumor yang berubah menjadi ganas tersebut yang disebut dengan kanker.

Infeksi adalah faktor yang menimbulkan kemungkinan terjadinya kanker serviks. Infeksi yang terjadi pada serviks dan menimbulkan kanker adalah human paillomavirus. Virus ini  mudah menular. Diperkirakan bahwa sebagian besar orang dewasa pernah terinveksi oleh HPV. Ini terjadi bila orang melakukan kontak seksual dengan orang lain yang membawa virus tersebut.

Virus ini menimbulkan perubahan pada serviks sehingga kadang-kadang menimbulkan terjadinya kanker. Faktor usia juga berpengaruh. Biasanya kanker terjadi pada perempuan dengan usia dengan 40 tahun.

Kanker dapat menyebar dari tempat aslinya ke tempat lain di tubuh. Tumor baru yang terbentuk identik dengan sel asli dan dengan demikian menjadi kanker juga. Jika seorang perempuan mempunyai kanker serviks tetapi kemudian menyebar ke payudara, maka kanker ini tidak disebut kanker payudara. Dokter akan mengatakan ini sebagai kanker serviks yang terletak di payudara. Penanganan yang dilakukan adalah kanker serviks bukan kanker payudara.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon